TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » , » Membuat Entri Suplier - Perintah SQL Update

Membuat Entri Suplier - Perintah SQL Update

Perintah UPDATE merupakan perintah SQL yang digunakan untuk memodifikasi data yang sudah ada pada tabel. Bentuk umumnya adalah sebagai berikut:

UPDATE NAMA_TABEL SET NAMA_FIELD_1=NILAI_1,NAMA_FIELD_2=NILAI_2, ... , NAMA_FIELD_N=NILAI_N WHERE KONDISI

Misalkan kita ingin mengupdate tbsuplier sehingga kode C01 memiliki nama Citra Karya Abadi Tangguh, bukannya Alam Jaya. Maka kita bisa menggunakan perintah:


UPDATE TBSUPLIER SET NAMASUPLIER="Citra Karya Abadi Tangguh" WHERE KODESUPLIER='C01'

Jalankan perintah tersebut pada layar SQL Query kemudian klik tombol Run, berbeda dengan INSERT update memiliki layar konfirmasi sebagai berikut:

Layar konfirmasi UPDATE


Kita harus memahami klausa baru yang digunakan disini yakni WHERE dan KONDISI. Where adalah pembatasan terhadap perintah UPDATE yang akan kita lakukan, tanpa WHERE perintah update akan dilakukan pada seluruh record! hati-hati, tanpa WHERE untuk perintah diatas, seluruh record akan diganti dengan nama Citra Karya Abadi Tangguh.

Double klik pada tbsuplier, jika perintah yang anda gunakan sudah benar harusnya tbsuplier sekarang terlihat sebagai berikut:

Hasil perintah UPDATE


Pasangan WHERE adalah KONDISI. KONDISI adalah sebuah pernyataan boolean (benar atau salah) yang menggunakan operator =,<>,>,<,<=,>=,NOT,AND, dan OR. Pernyataan ini bersifat membandingkan dan menghasilkan sebuah nilai boolean, dalam contoh diatas kita membandingkan field kodesuplier dengan nilai C01. Maka perintah UPDATE hanya dijalankan untuk record dengan kodesuplier=C01, karena hanya record ini yang cocok dengan kondisi pada perintah WHERE.

WHERE akan sangat berguna pada perintah SELECT,  Selamat belajar !!!
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger