Saturday

Tambah, edit dan hapus record dalam Visdata

Open tabel tbbarang
Langkah selanjutnya adalah menambahkan beberapa baris record sebagai bentuk uji coba terhadap tabel. Silahkan diinputkan data sesuai dengan isi tabel sebelumnya, yakni untuk kode  A01, A02, dan A05!. Bagaimana caranya?. Untuk menginputkan record kita perlu meng-open tabel terlebih dahulu. Dengan cara men-double click pada nama tabel, atau dengan cara mengklik kanan kemudian memilih menu open. Sehingga memunculkan gambar seperti diatas

Pada tbbarang dapat dilihat beberapa tombol. Ada 3 tombol yang bisa kita gunakan untuk memanipulasi data:

  • Add untuk menambah record
Klik tombol ini untuk menambahkan record baru, setelah tombol ini di klik, isi masing-masing field dengan data yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah data selesai dimasukkan. Klik tombol update untuk menyimpan data yang baru. Indikator scroll bar yang berada dibagian bawah tabel menunjukkan berapa record yang telah selesai diinputkan, pada gambar status record sekarang berada pada BOF/0 yang artinya pointer record berada pada BOF (begin of file). Pada record yang ke 0.

  • Edit untuk mengubah record
Tombol ini bisa digunakan untuk mengedit record yang sedang aktif. Setelah tombol ini di click bisa dilakukan update data dengan mengklik tombol update. Modus ini digunakan jika terjadi kesalahan dalam penginputan data.

  • Delete untuk menghapus record
Tombol ini digunakan untuk menghapus record yang telah diinputkan. Jika ternyata record yang diinputkan salah. Hati-hati dalam menggunakan tombol ini, karena sekali lagi karena kesederhanaannya Visdata tidak menyediakan perintah pembatalan seperti undo.