TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » , , » Program visual basic penjualan alat - alat komputer

Program visual basic penjualan alat - alat komputer

Penjualan barang selalu menjadi item yang menarik untuk dibuatkan program aplikasinya, penghitungan stok, mencari daftar barang, catatan laporan penjualan, laporan penjualan merupakan ide-ide utama dari sebuah program penjualan.

Program berikut ini dirancang untuk penjualan item-item barang, fitur-fitur yang disediakan sudah cukup lengkap walaupun masih ada kekurangan disana-sini, saya rasa hanya perlu pengembangan saja. Program ini sudah dilengkapi dengan form login, yang menyuruh pengguna untuk memasukkan kode dari pengguna, jika pengguna tidak memasukkan kode dengan benar, maka program tidak bisa dijalankan. Silahkan login dengan Kode=001, dan password=2.

Berikutnya kita disuguhi sebuah menu MDI, dengan informasi disudut kiri bawah, nama pengguna yang sedang aktif. Menu yang tersedia antara lain File, Display, Laporan. File berisi data-data master petugas, barang dan pengguna yang berhak menggunakan program ini. Menariknya masing-masing entri ini memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Untuk Entri petugas misalnya, disediakan sebuah form entri yang dibawahnya berisi daftar pengguna yang telah tersimpan di database. Berbeda dengan entri supplier, yang menggunakan sebuah listbox untuk memunculkan informasi tentang supplier yang kita cari. Sedangkan entri barangnya hanya berupa sebuah listbox, listbox ini berfungsi sebagai tool untuk pencarian, jika kita double klik salah satu barang seyogyanya barang tersebut akan muncul dalam bentuk sebuah form, tapi masih ada error pada procedure ListView1_DblClick, untuk sementara hapus saja tulisan item di procedure tersebut. Walaupun sebenarnya sebuah program menuntut keseragaman agar pengguna tidak pusing, namun saya rasa cukup bagus untuk pembelajaran

Menu berikutnya adalah display, mungkin maksudnya laporan dalam bentuk tampilan form yang konsepnya hampir sama dengan entri barang tadi. Form disini pun bervariasi ada yang menggunakan listview dan ada yang menggunakan DBGrid.

Menu Proses berisi proses penjualan dan pembelian, bagusnya disini pengguna tidak perlu menggunakan mouse hanya dengan menggunakan keyboard. Bahkan si pembuat sudah memikirkan soal uang kembali yang harus diserahkan ke pembeli. cukup bagus, kemudian menu Laporan yang berisi daftar pembelian dan penjualan, sisi bagusnya sudah ada filter perhari dan perbulannya, tertarik?, silahkan di download disini..!!!
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger