TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » » Menambahkan kontrol dalam form visual basic

Menambahkan kontrol dalam form visual basic

Langkah berikut adalah menambahkan control-control yang dibutuhkan. Kita bisa melihat bentuk jadi dari program kita berdasarkan input Visdata, yang nantinya akan kita kembangkan menjadi lebih powerfull.
  • Set caption form dengan Entry Data Barang
Langkah ini digunakan untuk mengubah title bar dari form, dengan menggunakan title bar si pengguna akan lebih memahami form mana yang digunakan. Sehingga bisa lebih mempermudah si pengguna.
  • Tambahkan label set captionnya dengan PT ABC
Langkah berikut adalah menambahkan sebuah label yang kita gunakan sebagai nama perusahaan yang kita buatkan programnya.
  • Tambahkan 5 buah Label, set captionnya dengan: Kode Barang, Nama Barang, Satuan, Harga Barang, Stok Barang
Satu lagi kemudahan dengan bukan menggunakan Visdata adalah kemudahan dalam memodifikasi tampilan program.  Jika nama field yang muncul dalam Visdata adalah sesuai dengan nama field yang ada dalam tabel. Dalam form VB kita bisa memodifikasi tambilan nama field sebagus dan selengkap mungkin. Misalnya saja field kode diganti namanya menjadi Kode Barang, dan seterusnya. Kita juga bisa menambahkan warna huruf yang berbeda per masing-masing field untuk mempercantik tampilan program
  • Tambahkan 5 buah Textbox, set namenya dengan: txtKode, txtNama,txtHarga,txtStok
Berikutnya adala menambah kontrol untuk input si pengguna. Perhatikan, setiap name dari textbox selalu diawali dengan prefix txt, ini juga bertujuan untuk memudahkan evaluasi, peneditan data dan sebagainya. Sehingga control yang digunakan lebih terorganisir.
  • Tambahkan 1 buah ComboBox, set namenya dengan cboSatuan
Karena satuan bisa dikelompokkan berdasarkan RIM, PCS, BOX dan lain-lain, maka perlu ditambahkan satu buah combo yang akan memunculkan pilihan sebagaimana disebutkan diatas. Nantinya si pengguna akan memilih daftar pilihan yang ada di combo untuk input data, sehingga tidak perlu harus mengetikkan RIM, atau PCS berulang-ulang setiap kali menginput. Prefix yang kita gunakan untuk combo adalah cbo.
  • Tambahkan 4 buah CommandButton, set namenya dengan: cmdSimpan, cmdHapus, cmdBersih,cmdTutup, set captionnya dengan:&Simpan, &Hapus, &Bersih, &Tutup
Langkah berikutnya adalah menambahkan tombol yang bisa digunakan sebagai trigger untuk menyimpan, menghapus, mengosongkan layar dan menutup form frmBarang kita. Prefix untuk command button adalah cmd.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger