TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » » Membuat tabel dengan Visdata

Membuat tabel dengan Visdata

Langkah pertama kita akan membuat sebuah tabel barang. Dengan ketentuan sebagai berikut:

Tabel ini kita beri nama tbbarang (tb adalah singkatan dari table). Penggunaan prefix tb berguna untuk memudahkan identifikasi objek dengan tipe tabel. Agar memudahkan pengelompokan nantinya. Sebab dalam sebuah database access tidak melulu hanya berisi tabel saja, tetapi juga bisa menampung view.

Tabel tbbarang

a)        Membuat Tabel

Untuk membuat tbbarang sebagaimana telah digambarkan diatas, perlu dilakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Klik Kanan pada database window, pilih New Table
Langkah ini akan memunculkan sebuah window yang menerima input nama dari tabel yang akan dibuat (table name)

  • Isi Table Name dengan tbbarang
Langkah ini akan membuat sebuah tabel baru, dengan nama tbbarang. Karena tabel baru berarti belum ada field-field-nya, langkah selanjutnya adalah menambahkan field.

  • Klik Add field
Langkah ini akan memunculkan sebuah window table structure, yang menunjukkan tentang isian kriteria field yang dimaksud (disesuaikan dengan tabel 5.) 
Table structure

  • Tambahkan fieldnya sesuai dengan name, type dan sizenya
Masing-masing field yang diisikan akan muncul dalam daftar field list dan terurut berdasarkan waktu pemasukannya.

b)       Menambahkan Index

Masing-masing tabel yang dibuat harus jelas primary key-nya. Primary Key  adalah satu field yang bisa mewakili keseluruhan field dalam sebuah tabel. Primary key akan sangat mempersingkat waktu proses, karena keseluruhan waktu proses tidak harus mencari keseluruhan field yang ada, cukup mencari primary key yang cocok, primary key selanjutnya akan digunakan untuk mengidentifikasi field yang dibutuhkan.

Didalam microsoft access 97, klausa primary key bisa kita temukan dalam index. Index bisa dipanggil dalam visual basic untuk melakukan pencarian. Agar memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian kita perlu mendeklarasikan index yang digunakan. Index yang kita gunakan bisa satu atau lebih field. Untuk tabel tbbarang kita memerlukan index pada field kode. Sehingga kebutuhan primary key dari database serta kebutuhan index dari visual basic dapat kita selesaikan dengan menggunakan index ini.


Kenapa harus kode?
Untuk menjawab pertanyaan diatas kita perlu menampilkan sebuah tabel tbbarang yang sudah berisi data-data seperti tabel berikut ini:
Add caption


Dari contoh tersebut dapat dilihat ada berbagai jenis barang yang terdapat dalam persediaan barang PT. ABC.  Satu-satunya field yang bisa mewakili keseluruhan field dalam tabel tbbarang adalah kode. Kenapa begitu?, sebab nama bisa jadi sama, untuk Kertas A4 saja, bisa jadi dibedakan lagi dengan merek. Kertas A4 PaperOne, akan berbeda dengan Kertas A4 Mirage, atau Kertas A4 Boladunia, begitu juga dengan Stabillo kuning, bisa jadi mereknya adalah Fabel Castell dan lain sebagainya.

Satuan bisa dimiliki oleh masing-masing record. Pada contoh diatas ada 2 satuan rim dan 1 satuan 1 PCS, Rim tidak bisa mewakili kertas legal atau kertas A4. Harga juga ambigu, kita tidak bisa menjadikkan harga sebagai kunci dari tabel. Karena harga dari 2 jenis barang bisa jadi sama, jumlah apalagi. Dengan kemungkinan berubah yang sangat tinggi membuat dia tidak memungkinkan untuk menjadi primary key dan di-index ­kan.

Satu-satunya field dengan tipe unik, yang bisa mewakili keseluruhan field adalah field kode. A01 berarti mewakili Kertas A4 dengan satuan RIM dan harga Rp. 2.500,- dengan jumlah stok 45, begitu juga dengan kode A05 yang mewakili stabillo kuning, PCS, 2500 dan 10 stok.

  • Klik add index, beri nama idxbarang
Idx sekali lagi merupakan prefix yang kita gunakan untuk mengidentifikasi index dari sebuah tabel. Sama dengan tujuan pembuatan prefix tb sebelumnya, yang bisa kita gunakan sebagai penanda bahwa dalam database tidak hanya tabel, dan view saja, tetapi juga ada index.

  •  Klik kode sebagai field yang akan di-index, kemudian klik OK
Ketika kode diklik, dia akan terdaftar kedalam indexed field (lihat gambar dibawah). Jangan sampai diklik berulang-ulang karena indexed field juga otomatis akan bertambah sesuai dengan field yang diklik. Jika hal tersebut terjadi, cukup memblok field-field yang tidak di-index-kan kemudian menghapusnya secara manual menggunakan backspace atau tombol delete.
Menambahkan Index
 

c)        Build the table

Setelah field yang kita inginkan sudah terdaftar, beserta dengan index-nya maka langkah selanjunya adalah menyuruh Visdata untuk membuat tabel tbbarang dengan mengklik tombol build the table.
Build the table
Sekarang dalam jendela database window telah bertambah satu buah objek baru dibawah properties. Dengan nama tbbarang. Tbbarang bisa kita manipulasi dengan menggunakan klik kanan pada mouse. Ini akan memunculkan beberapa pilihan seperti Open (membuka tabel), Design (mengedit tabel), rename (untuk mengganti nama tabel), dan delete (untuk menghapus tabel). Hati-hati dengan perintah delete, karena ini akan menghapus seluruh isi tabel tbbarang beserta isinya!, tidak ada istilah undo dan redo didalam Visdata Manager!.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger