TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » , » Kode program untuk Entri Barang: Menghapus data dalam tabel

Kode program untuk Entri Barang: Menghapus data dalam tabel



Untuk menghapus record kita harus terlebih dahulu menemukan record yang akan dihapus, baru kemudian menghapus data yang terkait dengan record tersebut. 

Jika kita misalkan dengan proses yang ada pada Visdata, pertama-tama buka database inventori.mdb, buka tabel rbbarang, gunakan scroll record untuk mencari record yang akan dihapus, ketika ditemukan klik tombol delete. 

Jika kita ingin menyajikannya dalam bentuk source code aplikasi, tentu saja ada beberapa langkah yang harus kita perbaiki.


Begini, program kita sediakan sebuah tombol delete, yang berfungsi untuk menghapus ”record yang ditemukan”. 

Jadi proses tidak diawali dengan pencarian record, tapi terlebih dahulu menghapus data, ketika tombol delete di click. Maka akan dilakukan pencarian record, jika ditemukan, dilakukan penghapusan record. Jika record yang dicari tidak ditemukan, maka ditampilkan pesan bahwa data tersebut tidak ditemukan.

Langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Double click pada cmdHapus
Gunakan langkah ini untuk memanggil prosedur default dari cmdHapus, yakni cmdHapus_click

  • Diantara kalang pada prosedur cmdHapus_click Tambahkan teks berikut:
           
Dim dbBarang As Database
    Dim rsBarang As Recordset
    Set dbBarang = OpenDatabase(App.Path & "\inventori.mdb")
    Set rsBarang = dbBarang.OpenRecordset("tbbarang")
    rsBarang.Index = "idxkode"
    rsBarang.Seek "=", txtKode.Text
    If rsBarang.NoMatch Then
          MsgBox "data barang tersebut tidak ditemukan!", vbCritical, "Kesalahan!"
     Else
          rsBarang.Delete
          txtkode.text=""
    End If

  • Penjelasan:
Langkah-langkah yang akan dilakukan kurang lebih sama dengan apa yang dilakukan sebelumnya dalam prosedur penyimpanan record

Seperti telah dibahas sebelumnya, langkah pertama adalah memasukkan database kedalam variabel dbBarang, kemudian memasukkan tabel kedalam variabel rsBarang. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan index idxkode.

Agar bisa melakukan pencarian dengan menggunakan txtkode melalui perintah seek,  hasil dari perintah seek adalah ditemukan atau tidak ditemukannya data yang sesuai dengan index. Jika ditemukan, maka data akan dihapus dari tabel tbbarang, diikuti dengan pengosongan form (txtkode.text=”” akan memicu event txtkode_change, karena isi dari txtkode kosong, maka akan dipanggil event cmdbersih_click). Sedangkan jika data tidak ditemukan (nomatch=true) maka akan ditampilkan pesan dengan msgbox bahwa data tersebut tidak ditemukan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger