TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » , » Langkah Mudah Merapikan Kontrol di Form Visual Basic .NET

Langkah Mudah Merapikan Kontrol di Form Visual Basic .NET


Penampilan bukan utama tapi membantu kepercayaan diriSebuah quote yang bagus dari sebuah iklan bertahun-tahun yang lalu.

Quote ini juga berlaku untuk dunia pemrograman. Anda akan bangga dengan program anda kalau anda yakin program anda rapi dan ciamik.

Pengguna akan lebih senang dengan program yang tampilannya rapi.

Rapi disini maksudnya semua label segaris, dan seimbang dengan text box yang akan diisi.

Visual Basic .NET menyediakan fasilitas untuk merapkian kontrol-kontrol yang ada di form Visual basic .NET.

Perhatikan gambar berikut ini:

Saya yakin se sangat-sangatnya, pengguna akan lemas duluan sebelum menggunakan program anda!. karena tampilannya yang tidak rapi.

Ada beberapa langkah untuk merapikan tampilan program tersebut:

1. Pilih semua label yang akan dirapikan
lakukan ini dengan cara mengggunakan ctrl+klik atau dengan mendrag di seputar label tersebut. Sehingga masing-masing label terpilih seperti gambar dibawah ini:


2. Align Left Label

Langkah berikutnya adalah membuat semua label yang terseleksi memiliki rata kiri yang sama. Hal ini bisa dilakukan dengan mengklik menu Format > Align > Left.

Label yang kita pilih pertama kali akan menjadi acuan bagi label-label yang kita pilih berikutnya. Jadi pastikan posisi label yang kita pilih pertama dalam posisi yang kita inginkan, karena semua label akan mengikutinya.

3. Align Left Text

Setelah label memiliki algn left yang sama (rata kiri yang sama), lakukan langkah yang sama terhadap semua text box. Pastikan mereka juga memiliki rata kiri yang sama seperti halnya label.

Pilih text boxnya. Pastikan yang dipilih pertama adalah text box yang akan jadi acuan, kemudian klik Menu Format > Align > Left.

4. Atur posisi Textbox sejajar dengan label

Setelah masing-masing label dan text box sudah memiliki rata kiri yang rapi. Selanjutnya drag text box agar sejajar dengan label. Tidak perlu terlalu sejajar. gunakan saja sebagai posisi awal.


5. Hilangkan Vertical Spacing

Selanjutnya kita akan mengatur jarak antara masing-masing textboxt. Dengan keadaan seluruh textbox masih dalam posisi terseleksi, klik menu Format > Vertical Spacing >Remove.

Sehingga akan tampil textbox tanpa jarak satu sama lainnya.

6. Beri jarak text box 1 spasi
Setelah jaraknya dihilangkan, kita akan memberi jarak 1 spasi untuk masing-masing textbox. Caranya Klik menu Format > Vertical Spacing > Increase.

hasilnya:

7. Sejajarkan label dengan text box
Selanjutnya, dibandingkan dengan label, Textbox sekarang lebih rapi. Kita tinggal mensejajarkan masing-masing label dengan textbox. Pilih text box, kemudian label.

Karena pada umumnya textbox tidak sama besar dengan label. Kita bisa menggunakan bagian tengah textbox sebagai patokan posisi label. Klik menu Format > Align > Middle.

Sekarang label dan textbox sudah sejajar.

8. lakukan langkah 7 untuk seluruh label


lakukan langkah 7 untuk seluruh label, jangan lupa, pilih textbox terlebih dahulu, karena kalau kita mengggunakan menu format allignment, kontrol pertama di pilih akan menjadi patokan untuk kontrol-kontrol berikutnya
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger