TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » , , » Mengatur MySQL bisa menggunakan jaringan (diakses dengan visual basic dari komputer klien)

Mengatur MySQL bisa menggunakan jaringan (diakses dengan visual basic dari komputer klien)

Database MySQL diperuntuhkkan untuk PHP, dengan kata lain, pengaksesan melalui jaringan adalah fitur utama dari database ini. Pengaksesan melalui jaringan pada prinsipnya MySQL dijalankan di server (Server Side) sehingga hak akses yang digunakan sebenarnya lokal. Hal yang berbeda kalau kita ingin mengakses database tersebut secara Client Side. Misalnya ingin mengakses database dari sebuah PC dengan menggunakan Visual Basic. Kita harus mempersiapkan MySQL yang bisa menggunakan jaringan.

Untuk kegiatan ini diperlukan requirement sebagai berikut:


  1. Antar muka MySQL seperti PHPMyAdmin
  2. Windows XP di Server (dan akses ke control panelnya)
Sedangkan Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah
  1. Atur  firewall komputer server
  2. Menambahkan user MySQL untuk komputer klien 

Atur firewall komputer server

untuk melakukan langkah ini, anda bisa membuka Control Panel, dengan mengklik Start > Control Panel  > Network Connections. Pada bagian kiri dari control panel klik Change Windows Firewall Setting (lihat gambar di bawah ini). 
Mengatur Firewall
Selanjutnya dari tab yang ada pilih Exception. Kemudian klik Add Program untuk menambahkan program MySQL. Pada jendela Add Program Klik tombol Browse dan telusuri file mysql-nt di folder \Mysql\bin, seperti di C:\Appserv\mysql\bin atau di C:\xampp\mysql\bin. lihat contoh gambar berikut:
Menambahkan mysql-nt di exception
Langkah yang kita lakukan diatas adalah untuk membuat windows Firewall mengizinkan mysql untuk berkomunikasi dengan jaringan tanpa di blok. Dan kita bisa k tahap selanjutnya!

Menambahkan user MySQL untuk komputer klien 

Menambahkan user berarti kita perlu perangkat pengelola MySQL seperti phpmyadmin dalam gambar saya menggunakan phpMyAdmin - 2.10.3. Buka Localhost\phpmyadmin di browser komputer anda, dan klik Privileges seperti gambar dibawah. Privileges adalah pengaturan user di MySQL, siapa yang berhak mengakses dan hak apa saja yang mereka miliki, bisa mengakses dari komputer mana saja dan seterusnya.
Mengatur privileges di MySQL.
Pada privileges, ternyata ada 3 user root yang bisa mengakses database dari 127.0.0.1, localhost dan production.mysql.com. 127.0.0.1 dan localhost menunjuk pada komputer itu sendiri. sedangkan production.mysql.com mungkin untuk kepentingan pengembang MySQL, saya kurang tahu. Nah disinilah kita akan menambahkan 1 user lagi dengan klien yang bebas. Klik Add New User untuk menambahkan user baru. 
Daftar User di MySQL
Berdasarkan layar input yang muncul berikutnya, isikan nama user dengan root, kemudian kosongkan bagian host dengan combo Any host terpilih seperti gambar dibawah. tambahkan password dan pada Global Privileges klik pada link Check All untuk memberikan semua akses pada root tersebut.
Menambahkan user baru pada MySQL dengan kemampuan menggunakan jaringan
Setelah proses produksi selesai, user root jaringan ini sebaiknya anda ganti dengan user yang lebih terbatas kemampuannya, karena bisa mengakses root berarti bisa mengakses semua sumberdaya MySQL anda. 
 
Selamat belajar!

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger