TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » » Belajar Visual basic 14. Database

Belajar Visual basic 14. Database

Visual Data Manager
Database berasal dari kata data dan base. Data adalah fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Data sebagai bahan baku informasi, terbentuk dari karakter yang dapat berupa alphabet, angka, maupun simbol khusus atau gabungan darinya.

Sehingga dapat disimpulkan database aadalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer (simpanan luar komputer) dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Database termasuk salah satu komponen penting dalam Sistem Informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi bagi pemakai.

Database mempunyai jenjang, yang dapat dibedakan secara hirarki yaitu :


  1. Karakter, merupakan bagian data yang terkecil dapat berupa numerik, huruf, atau karakter khusus yang membentuk suatu item data.
  2. Field / data item, merupakan kumpulan dari beberapa karakter yang mempunyai arti, menggambarkan atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data.
  3. Record, merupakan kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan satu sama lainnya, yang menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu.
  4. Tabel, merupakan kumpulan dari beberapa record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.
  5. Database, merupakan kumpulan file-file yang mempunyai keterkaitan antara satu file dengan file lainnya, dan yang berfungsi sebagai interface adalah primary key dan foreign key.


Pada tutorial ini kita akan menggunakan database Microsoft Access 97. Sebuah relational database management system (RDBMS), yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan semua tabel yang ada dalam sebuah file tunggal. Microsoft Access 97 juga memiliki fasilitas untuk menampilkan beberapa tabel dalam satu buah view. Dengan fasilitas password pada file nya membuat database ini juga tidak mudah untuk di hack. Pemilihan database ini juga dikarenakan kemampuannya untuk digunakan pada komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Bahkan bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi lama seperti Windows 98, Windows ME, dan tentu saja Windows XP.
Database ini belum memiliki sebuah application server, hanya sebuah file tunggal berekstensi .mdb. sehingga aplikasi yang dirancang dengan menggunakan database ini akan lebih mobile. Aplikasi cukup diletakkan dalam satu folder dengan databasenya, dan tidak memerlukan pengaturan tambahan.

Keberadaan Microsoft Office sebagai aplikasi yang biasanya digunakan oleh setiap PC dengan sistem operasi Windows sudah menjadi jaminan keterpakaian database ini. Tidak diperlukan installasi software khusus. Meskipun database yang digunakan adalah yang versi 2000 atau Office XP, atau Office 2003, 2007 dan seterusnya. Machine untuk database ini telah tersedia, dan bisa diakses dengan menggunakan Visdata yang akan dibahas nanti.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger