TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » » Belajar Visual Basic 13. Crystal Report dan Modusnya

Belajar Visual Basic 13. Crystal Report dan Modusnya

Editor Crystal Report 7
Crystal report adalah sebuah software pembuat laporan buatan Seagate Software. Software ini mempunyai keunggulan dari bentuk laporan yang dihasilkan dan kompabilitasnya dengan bahasa pemrograman visual seperti Visual Basic atau Borland Delphi. Dengan bentuk editor yang user friendly dan format laporan yang bisa dibuat sedinamis mungkin membuat crystal report menjadi saingan serius bagi software pembuat laporan built-in dari bahasa pemrograman visual seperti data report pada VB dan Quick Report Pada Delphi.

Untuk Crystal Report 7, telah dilengkapi dengan Report Designer Component, sebuah ActiveX Designer untuk visual basic yang memungkinkan programmer untuk menggunakan semua fitur Crystal report dalam IDE Visual Basic!. Crystal report dilengkapi dengan fasilitas yang berhubungan dengan printer. Semua sudah siap saji, yang perlu dilakukan oleh programmer hanyalah logika untuk mendapatkan data yang akan dilaporkan. Untuk koneksi ke database, ke printer, ukuran kertas. Semuanya bisa diserahkan ke crystal report. Sedangkan input dan manipulasi data dilakukan oleh visual basic.

Modus Dalam Crystal Report
Sama seperti Visual Basic, Crystal Report memiliki 2 buah modus. Yakni modus Design dan Modus Preview. Modus design adalah saat dimana kita merancang bentuk dari laporan kita, menambahkan field, mengedit huruf, menambahkan garis / tabel, menambahkan summary dan lain sebagainya. Modus desain akan muncul dalam bentuk nama-nama field yang digunakan, atau lebih dalam bentuk skema (struktur) dari data. Bukan dari data itu sendiri. Modus yang kedua yakni modus preview akan tampil dalam bentuk urutan data sesuai dengan apa yang kita desain dalam bentuk modus design. Ketika menggunakna modus preview kita sudah dapat melihat pratayang kira-kira bagaimana tampilan report yang kita buat jika ditampilkan dalam Visual Basic, atau dicetak di kertas.

Dua modus tersebut saling berkaitan, dan digunakan dalam merancang, dan mengetes laporan. Dalam merancang kita gunakan modus design, sedangkan dalam mengetes laporan kita gunakan modus preview.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger