TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI DAMANIK'S BLOG, JANGAN LUPA LIKE FACEBOOK FAN PAGENYA YA..!!!
Home » » Kehidupan masyarakat Simalungun

Kehidupan masyarakat Simalungun

              Sistem mata pencaharian orang Simalungun yaitu bercocok tanam dengan padidan jagung, karena padi adalah makanan pokok sehari-hari dan jagung adalah makanan tambahan jika hasil padi tidak mencukupi. Jual-beli diadakan dengan barter, bahasa yang dipakai adalah bahasa dialek. “Marga” memegang peranan penting dalam soal adat Simalungun. Jika dibandingkan dengan keadaan Simalungun dengan suku Batak yang lainnya sudah jauh berbeda.
Pada zaman sekarang ini masyarakat Simalungun dalam jumlah yang lebih dominan penghasilannya adalah dengan bercocok tanam, hal yang mendorong faktor tersebut adalah keadaan tanah di Simalungun sampai saat ini sangat bagus untuk dijadikan lahan pertanian, bahkan banyak orang dari luar kabupaten Simalungun yang datang untuk bercocok tanam di tanah Simalungun. Banyak juga yang berhasil dari bercocok tanam tersebut. 

 
Adapun wilayah kabupaten Simalungun yang penduduknya adalah petani, sebagian besar di daerah Simalungun bagian atas, seperti : Kec. Silimakuta, Kec Purba, Saribudolok, hingga ke Raya (sekarang sudah menjadi Ibukota Kab. Simalungun). Dan banyak juga dari tanah Simalungn yang menghasilkan Karet, dan Sawit (dalam skala sedang). Seperti di daerah desa Bah pasussang,kec. Raya kahean hingga ke dolok masihul(yng termasuk daerah perbatasan kab.Simalungun dengan kab. Serdang Bedagai). Dan daerah Simalungun yang menghasilkan Padi/ beras (dalam skala besar) yang merupakan daerah yang dikenal di Sumatera Utara penghasil beras terbesar, bahkan Bapak Presiden RI sempat Ikut melaksanakan Panen Raya bersama masyarakat didaerah Saba Dua, Kab. Simalungun.
Satu hal lagi tanah Simalungun Juga  menjadi incaran para pelajar baik dari Sumatera Utara maupun provinsi laninnya di Indonesia, karena pendidikan di Simalungun terkenal, menghasilkan alumni-alumni yang berprestasi dari sekolah-sekolah yang ada di Simalungun, khususnya daerah Kecamatan Raya.
Kalau dipikir-pikir Tanah Simalungun kita yang tercinta ini, merupakan daerah yang mempunyai potensi dalam hal apapun dan saya sebagai penulis artikel ini, selalu merasa kagum atau bangga menjadi putra Simalungun.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Damanik's Blog
 
Support : Creating Website | Damanik | Team
Copyright © 2009. Damanik's Blog - All Rights Reserved
Template Modify by bg Damanik
Proudly powered by Blogger